Selasa, 11 Maret 2008

TERALIS

Kata TERALIS sangat populer di kalangan masayarakat yang menghuni kompleks perumahan, tak ketinggalan juga di perumahan Kampung Cerewet, Bekasi. Sejak dulu, setiap rumah yang dibangun pastilah jendelanya diberi TERALIS.

Anehnya, TERALIS sudah bertahun-tahun menjadi populer. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sampai pada edisi ketiga merekam atau mencatat kata itu, tetapi diberi tanda panah yang merujuk pada kata "tarali". Saya tak mengerti arti kata itu sebab tidak dikenal dalam bahasa Indonesia. Mungkin sekali salah cetak.

Waktu rumah saya dibangun lebih dari 20 tahun yang lalu, tukang bangunan menawarkan kepada saya agar jendela rumah saya diberi TERALIS. Saya mengatakan tidak perlu pakai teralis karena rumah saya bukan penjara. Tukang itu tersenyum tetapi dia tidak mengerti maksud saya.

Sejak dulu saya hanya mengenal TERALI (tanpa huruf S), yakni kata dasar TALI yang mendapat sisipan ER. Artinya, kisi-kisi yang terbuat dari banyak tali (besi). Terali atau kisi-kisi itu pada awalnya memang dipasang hanya pada jendela dan pintu penjara (bui) saja. Di rumah-rumah penduduk tidak biasa ada terali. Paling banyak orang menggunakan kaca atau kain jendela atau langsung dengan daun jendela saja.

Zaman saiki orang-orang jahat bukan cuma ada di penjara. Mereka berkeliaran di permukiman penduduk dan setiap saat mengincar rumah yang kosong. Kalau kita lengah sedikit maka rumah akan habis dijarah maling. Barangkali itu sebabnya maka setiap jendela rumah harus diberi TERALI.

Biasanya, kata-kata dalam bahasa Indonesia cenderung terkena erosi karena penyingkatan kata. Entah kenapa, kata TERALI malah mendapat tambahan satu huruf S sehingga menjadi TERALIS.

TERALI dan TERALIS sama saja maknanya, yakni kisi-kisi, dan sama pula kegunaannya. Meskipun begitu, pada umumnya orang awam tidak mengenal atau tidak biasa mengucapkan kata TERALI.

Jika kedua kata itu (mungkin) dapat berterima, maka yang membedakannya ialah:
(1) TERALI dipasang di jendela penjara, sedangkan TERALIS dipasang di jendela rumah penduduk.
(2) TERALI dipasang supaya orang jahat tidak bisa keluar dari penjara, sedangkan TERALIS dipasang supaya orang jahat tidak bisa masuk ke dalam rumah.

Yang lain dari itu saya tidak tahu!

Umbu Rey

Tidak ada komentar: